Loading

Rabu, 06 Juli 2011

Pembelajaran Tematik Sebagai Upaya meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas ... SD ...... Skripsi PTK Pendidikan Matematika

 ABSTRAK

Pembelajaran Tematik Sebagai Upaya meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas ... SD ...... Skripsi PTK Pendidikan Matematika


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas .. SD ... melalui pembelajaran Tematik pada pokok bahasan operasi hitung bilangan dan pengukuran.

Penelitian ini dilaksanakan di SD .... tahun pembelajaran 2006/2007 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas ... berjumlah 34 siswa dan objek penelitian adalah pembelajaran Tematik.

Instrumen pengumpulan data berupa tugas, tes hasil belajar dan observasi. Tugas berupa tugas kelompok dan tugas individu. Tugas kelompok adalah lembar kegiatan siswa yang dikerjakan di sekolah dan tugas individu adalah tugas yang dikerjakan di rumah. Tes hasil belajar dilaksanakan setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Observasi dilaksanakan pada setiap pertemuan dan selama pembelajaran berlangsung. Siklus I, II, III, dan IV masing-masing dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dengan dua kali pembelajaran dan satu kali tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar pada setiap siklus berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa rata-rata, persentase, dan grafik. Yang bertindak sebagai pelaksana pembelajaran adalah peneliti, sedangkan sebagai observator adalah guru matematika kelas ... SD .....

Hasil analisis data menunjukkan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus. Nilai hasil belajar diperoleh dengan menganalisis data berupa nilai tugas kelompok, nilai tugas individu dan nilai tes akhir siklus. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar dijadikan sebagai nilai dasar bagi siklus II, yaitu 55,23 menjadi 60,27 dengan rata-rata poin peningkatan 17,06 (cukup). Dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan dari 60,27 menjadi 65,91 dengan poin peningkatan 19,41 (cukup). Demikian juga dari siklus III ke siklus IV mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai hasil belajar 65,91 menjadi 75,09 dengan rata-rata poin peningkatan 21,76 (baik). Aktivitas guru pada siklus I dinilai cukup, siklus II, III dan IV dinilai baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I dinilai kurang, siklus II dinilai cukup, siklus III dan siklus IV dinilai baik.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran Tematik hasil belajar matematika siswa kelas .... SD ..... mengalami peningkatan.

(Tersedia file lengkap dari TA (tugas akhir), skripsi, tesis, PTK, PTS, jurnal tentang pendidikan. Skripsi, tesis, jurnal, TA (tugas akhir), penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian tindakan sekolah (PTS) lengkap dari BAB 1- BAB V. Untuk mendapatkan file tesis (soft copy tesis), SMS: 085865245388)

Keyword:

Skripsi, skripsi PTK, skripsi PTK pendidikan, skripsi PTK pendidikan Matematika, skripsi pendidikan matematika, PTK pendidikan matematika, skripsi metode pembelajaran, skripsi model pembelajaran, skripsi strategi pembelajaran, skripsi PTK model pembelajaran, skripsi PTK metode pembelajaran, skripsi PTK strategi pembelajaran, skripsi PTK model pembelajaran Matematika, skripsi PTK strategi pembelajaran Matematika, skripsi PTK metode pembelajaran Matematika, skripsi kependidikan Matematika, skripsi PTK kependidikan Matematika, skripsi PTK pendidikan Matematika SD, skripsi pendidikan, skripsi PTK pendidikan. Skripsi PTK pendidikan Matematika Pembelajaran Tematik Sebagai Upaya meningkatkan Hasil Belajar Matematika siswa SD

0 komentar:

Poskan Komentar

Untuk keperluan anda, sms: 085865245338