Loading

Selasa, 05 Juli 2011

ANALISIS PENGARUH KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN TERHADAP JUMLAH PENDUDUK MISKIN DI PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2000 - 2007. Skripsi Ekonomi Pembangunan

ANALISIS PENGARUH KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN TERHADAP JUMLAH PENDUDUK MISKIN DI PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2000 - 2007. Skripsi S1 Ekonomi Pembangunan




ABSTRAKSI
Kemiskinan selalu menjadi masalah di setiap negara sedang berkembang, bahkan di negara maju pun juga. Di Indonesia, tingginya jumlah penduduk miskin dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, diantaranya adanya ketimpangan dalam pendistribusian pendapatan antar satu provinsi dengan provinsi lainnya.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari ketimpangan distribusi pendapatan, yang diukur menggunakan Indeks Gini dan Indeks Williamson, terhadap jumlah penduduk miskin di Provinsi Jawa Tengah dari tahun 2000 hingga tahun 2007. Salah satu penyebab utama kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah ialah dikarenakan adanya ketimpangan dalam pendistribusian pendapatan pada tiap Kabupaten/kotanya, untuk menekan tingkat kemiskinan tersebut maka Pemerintah Provinsi Jawa Tengah beserta Pemerintah Daerah harus bias bekerja sama untuk memperkecil perbedaan tingkat ketimpangan distribusi pendapatan agar jangan terlalu tinggi antara satu Kabupaten/kota dengan yang lain.

Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan log linear dengan Jumlah Penduduk Miskin Provinsi Jawa Tengah sebagai variabel dependen dan dua variabel independen yaitu, Indeks Gini dan Indeks Williamson sebagai alat ukur ketimpangan distribusi pendapatan.

Setelah dilakukan uji penyimpangan asumsi klasik yang terdiri dari uji Multikolinearitas, Uji Autokorelasi dan Uji Heterokedastisitas , ternyata hasilnya menunjukkan data terdistribusi normal. Hasil pengolahan data menunjukkan nilai F sebesar 16,686 (probabilitas = 0,006) dan koefisien determinasi (adjusted R2) sebesar 0,870. Melalui regresi dapat diperoleh hasil bahwa Jumlah Penduduk Miskin Provinsi Jawa Tengah dipengaruhi secara signifikan oleh tingkat ketimpangan pendapatan distribusi pendapatan yang diukur menggunakan Indeks Williamson (dengan nilai 1,834) dan Indeks Gini (dengan nilai 0,477). Maka dapat disimpulkan bahwa Indeks Williamson lebih berpengaruh dibandingkan Indeks Gini.

Kata Kunci : Jumlah Penduduk Miskin, Ketimpangan Distribusi Pendapatan,
Indeks Gini, Indeks Willamson.


(Tersedia file lengkap dari TA (tugas akhir), skripsi, tesis, PTK, PTS, jurnal tentang pendidikan. Skripsi, tesis, jurnal, TA (tugas akhir), penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian tindakan sekolah (PTS) lengkap dari BAB 1- BAB V. Untuk mendapatkan file tesis (soft copy tesis), SMS: 085865245388)

Keyword postingan ini:
skripsi, skripsi s1, skripsi ekonomi, skripsi ekonomi pembangunan, skripsi s1 ekonomi, skripsi s1 ekonomi pembangunan, skripsi ketimpangan, skripsi ketimpangan distribusi, skripsi ketimpangan distribusi pendapatan, skripsi ekonomi pembangunan tentang ketimpangan distribusi pendapatan jawa tengah terhadap penduduk miskin, skripsi, skripsi, skripsi ekonomi, skripsi ekonomi, skripsi ekonomi pembangunan, ekonomi, ekonomi pembanguan, ekonomi, ekonomi pembangunan S1.

3 komentar:

Marketing Online mengatakan...

Thanks for sharing such valuable information.Keep posting such great info for us thanks.

Bryann mcgrew mengatakan...

I love the efforts you have put in this, regards for all the great blog posts.
Wohh just what I was looking for, regards for posting .

academic writing mengatakan...

Really nice style and design and wonderful content , nothing else we require : D.
Academic Writing Service

Poskan Komentar

Untuk keperluan anda, sms: 085865245338