Loading

Jumat, 22 April 2011

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievement Divisions ( STAD ) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievement Divisions ( STAD ) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi SMA ... Tesis S2.


INTISARI



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peningkatan motivasi siswa pada mata pelajaran Geografi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Geografi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa: (1) motivasi belajar siswa rendah, dan (2) hasil belajar siswa rendah. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS SMA Muhammadiyah ... tahun pelajaran 2006/2007, dengan subyek penelitian 20 (duapuluh) siswa yang terdiri dari 13 (tiga belas) laki-laki dan 7 (tujuh) perempuan.

Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang meliputi empat tahapan penelitian yaitu: perencanaan tindakan, implementasi tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Keempat tahapan tersebut membentuk siklus. Desain penelitian yang diterapkan adalah desain penelitian menurut Hopkins. Penelitian ini bersifat kolaboratif, yaitu peneliti melibatkan guru Geografi yang lalu untuk nielaksanakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dengan mendeskripsikan temuan data dan membandingkan dengan indikator kinerja yang telah ditentukan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD ternyata dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Geografi SMA Muhammadiyah .... tahun pelajaran 2006/2007. Terbukti bahwa dari 20 (duapuluh) siswa yang memiliki motivasi rendah pada tindakan pra siklus, dengan rerata skor motivasi 2,32 meningkat hingga mencapai motivasi tinggi pada siklus III, dengan rerata skor 3,77. Kedua, pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatan hasil belajar siswa, terbukti persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari 30 % pada kegiatan pra siklus mcnjadi 30 % setelah pada siklus III.

Lihat seluruh daftar di katalog / daftar skripsi, tesis, jurnal, TA (tugas akhir), makalah.


(Tersedia file lengkap dari skripsi, tesis, jurnal tentang pendekatan, model, dan metode pembelajaran: kependidikan. Skripsi, tesis, jurnal lengkap dari BAB 1- BAB V. Untuk mendapatkan file tesis (soft copy tesis), SMS: 085865245388

Tersedia DVD KOMPILASI skripsi, tesis, dan tugas akhir (TA) berisi lebih dari 1800 file campuran skripsi-tesis berbagai bidang, lengkap. Sangat murah, sangat terjangkau, hanya Rp. 50.000,-. Hub: 085865245388

Keyword:
tesis, tesis s2, tesis pendidikan, tesis kependidikan, tesis pembelajaran, tesis model pembelajaran, tesis model Pembelajaran Kooperatif, tesis model pembelajaran kooperatif tipe   Student Achievement Divisions ( STAD ), tesis motivasi belajar, tesis model pembelajaran untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi SMA, tesis pendidikan geografi, tesis model pembelajaran geografi.

1 komentar:

seta mengatakan...

wah.. kira2 kalo untuk judul skripsi khusus di matematika ada g ya..? berapa hasganya?

Poskan Komentar

Untuk keperluan anda, sms: 085865245338