Loading

Minggu, 20 Maret 2011

Peranan Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Studi Kasus di Madrasah Intidaiyah /MI Muhammadiyah Tegalampel Karangdowo Klaten

ABSTRAK


Peranan Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Studi Kasus di Madrasah Intidaiyah /MI Muhammadiyah ..... Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Program Studi Tarbiyah. 2008.


Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, Kualitas Sekolah

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemberlakuan otonomi pendidikan yang dimulai dengan disahkannya UU No 25 tahun 1999 tentang otonomi daerah. Pelaksanaan manajemen mulai diarahkan pada manajemen berbasis sekolah, yang  disamping memberikan manfaat juga memiliki berbagai factor resiko yang cukup besar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peran Manajemen Berbasis Sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolah Madrasah Ibtidaiyah /MI Muhammadiyah ..., (2) untuk mengetahui kendala yang muncul dalam pelaksanaan MBS dalam meningkatkan kualitas sekolah Madrasah Ibtidaiyah /MI Muhammadiyah ...., (3) Untuk mengetahui langkah yang ditempuh sekolah Madrasah Ibtidaiyah /MI Muhammadiyah .... dalam memberikan solusi dari permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah.
Metode yang digunakan adalah  metode deskripsi kualitatif artinya data yang dihimpun disusun secara sistematis kemudian diinterprestasikan, dianalisis sehingga dapat menjelaskan pengertian dan pemahaman tentang gejala yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan individu, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas dan reliabilitas data, digunakan Triangulasi data (sumber) dan triangulasi metode.
       Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Peran MBS dalam meningkatkan kualitas sekolah MI Muhammadiyah .... dibagi menjadi dua, yaitu (a) peranan dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan yaitu dengan pemantapan fungsi kepemimpinan kepala sekolah,  meningkatnya koordinasi, komunikasi, dan supervisi sekolah, serta peningkatan profesionalisme guru, dan meningkatnya daya saing sekolah, dan (b)peran meningkatkan hubungan kemitraan dengan masyarakat dapat bersifat sebagi hal yang berdampak langsung maupun tidak langsung. (2) Kendala yang muncul dalam pelaksanaan MBS masih terlihat cukup besar, yaitu terkait dengan kekurangsiapan orang tua murid untuk terlibat secara mendalam, kecuali dalam aspek pembiayaan dan fasilitasi fisik sekolah, kekurangsiapan SDM pendidik, kuantitas SDM edukatif yang masih kurang, serta belum maksimalnya penggalian sumber dana. (3) Alternatif solusi yang dilakukan sekolah baik meskipun terdapat berbagai kelemahan. Upaya tersebut meliputi mempercepat pengembangan profesi guru, upaya pembinaan secara intensif yang dilakukan oleh kepala sekolah.


Lihat seluruh daftar di katalog / daftar skripsi, tesis, jurnal, TA (tugas akhir), makalah.

(Tersedia file lengkap dari skripsi, tesis, jurnal tentang manajemen pendidikan, MBS. Skripsi, tesis, jurnal lengkap dari BAB 1- BAB V. Untuk mendapatkan file tesis (soft copy tesis), SMS: 085865245388)

Tersedia DVD KOMPILASI skripsi, tesis, dan tugas akhir (TA) berisi lebih dari 1800 file campuran skripsi-tesis berbagai bidang, lengkap. Sangat murah, sangat terjangkau, hanya Rp. 50.000,-. Hub: 085865245388

0 komentar:

Poskan Komentar

Untuk keperluan anda, sms: 085865245338