Loading

Minggu, 20 Maret 2011

PENGARUH PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI ...


PENGARUH PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI ..... SKRIPSI S1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas .... 2010



ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Model persamaan matematis yang menggambarkan besarnya pengaruh pelaksanaan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap kemampuan berkomunikasi siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri ..., 2) Signifikansi  pengaruh yang ditimbulkan oleh pelaksanaan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap kemampuan berkomunikasi siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri ..., 3) Besarnya sumbangan dari pelaksanaan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap kemampuan berkomunikasi siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri ....
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan penelitian di Sekolah Dasar Negeri ...., dan waktu penelitian dilakukan pada semester Gasal tahun pelajaran 2009/2010. Jumlah populasi yang diteliti sedikit atau kurang dari 100, yaitu sejumlah 11 siswa. Oleh karena itu, maka seluruh angota populasi dijadikan sampel penelitian (populatif sampling). Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, uji-t, dan uji determinansi.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian kuantitatif ini, diperoleh hasil yaitu pendekatan komunikatif berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berkomunikasi siswa, dengan persamaan Y=-2,020 + 0,223 X. Persamaan ini memiliki makna terdapatnya pengaruh positif dari pendekatan komunikatif terhadap kemampuan komunikasi siswa, sedangkan nilai -2,020 sebagai konstatnta regresi menunjukkan kondisi awal kemampuan komunikasi siswa sebelum dilaksanakannya pendekatan komunikatif dalam pembelajaran. Signifikansi pengaruh ini dibuktikan dengan nilai signifikansi uji yang lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Kontribusi dari pengaruh pendekatan komunikatif terhadap kemampuan berkomunikasi siswa adalah 76,6%, dengan 23,4% bersal dari faktor lain yang tidak diteliti. Kontribusi yang cukup besar ini menunjukkan bahwa faktor pendekatan komunikatif dalam proses pembelajaran merupakan komponen eksternal yang sangat urgen dalam menghasilkan perubahan tingkah laku berkomunikasi siswa, dimana perubahan tingkah laku ini merupakan aspek utama dalam kegiatan belajar.


Lihat seluruh daftar di katalog / daftar skripsi, tesis, jurnal, TA (tugas akhir), makalah.

(Tersedia file lengkap dari skripsi, tesis, jurnal tentang pendekatan, model, dan metode pembelajaran. Skripsi, tesis, jurnal lengkap dari BAB 1- BAB V. Untuk mendapatkan file tesis (soft copy tesis), SMS: 085865245388)
Tersedia DVD KOMPILASI skripsi, tesis, dan tugas akhir (TA) berisi lebih dari 1800 file campuran skripsi-tesis berbagai bidang, lengkap. Sangat murah, sangat terjangkau, hanya Rp. 50.000,-. Hub: 085865245388

0 komentar:

Poskan Komentar

Untuk keperluan anda, sms: 085865245338