Loading

Minggu, 20 Maret 2011

NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL “MEKAR KARENA MEMAR” KARYA ALEX LUMBAN TOBING (ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA)

NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL “MEKAR KARENA MEMAR” KARYA ALEX LUMBAN TOBING ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA. Skripsi S1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas .... 2010.


ABSTRAK
               Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Keterkaitan unsur-unsur intrinsik yang membentuk novel “Mekar Karena Memar” karya Alex Lumban Tobing, (2) Nilai-nilai pendidikan yang termuat dalam novel “Mekar Karena Memar” karya Alex Lumban Tobing.
                Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan prosedur pembacaan heuristik dan hermeneutik. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan dalam novel Mekar Karena Memar karya Alex Lumban Tobingyang diterbitkan oleh Balai Pustaka edisi 2005. Data dalam penelitian ini adalah data yang berwujud kata, frase, ungkapan, dan kalimat yang terdapat dalam novel Mekar Karena Memar Karya Alex Lumban Tobing.
                 Hasil penelitian adalah: 1) Unsur unsur instrinsik dalam ceritera pertama yang berjudul “Perkenalan Dengan Harga Manusia” meliputi: (a) Tema ceritera adalah rendahnya harga jasad orang mati yang diperjual-belikan. (b)Tokoh utama adalah “Aku”, tokoh bawahan adalah Lita, dan sebagai tokoh tambahan adalah pengelola kamar rangka (tak disebut namanya), penjual rangka (tak disebut namanya), penjaga kamar mati, (c) Setting waktu: (1) Tokoh lulus tingkat satu fakultas kedokteran, (2) tokoh mulai berkenalan dengan pembantu dalam bangsal potong, (3) Tokoh berkenalan dan berhubungan dengan Lita, (4) Tokoh kehilangan Lita dan akhirnya menemukan cara untuk menghargai perkenalannya dengan  Lita sebagai manusia secara utuh dengan mengikuti jejaknya. (d) Setting tempat adalah bangsal potong, tempat perdagangan gelap organ tubuh mayat, jalan dari gereja menuju ruma Lita, jalan dari kampus ke rumah Lita, dan rumah sakit, (e) penokohan digambarkan secara dramatik. Tokoh utama memiliki karakter humanis atau memiliki sisi kemanusiaan yang tinggi, lugu, dan kritis-logis. Tokoh Lita memiliki perwatakan tertarik pada hal-hal ilmiah dan belum tertarik pada hal-hal lain, (f) Alur utama adalah (1) Tokoh lulus tingakat 1, (2) Tokoh melakukan pencarian bahan praktikum dan berinteraksi dengan perdagangan organ tubuh orang mati, dan pada akhirnya tokoh merumuskan pandangannya tentang harga manusia yang telah mati, (3) Tokoh belajar di Bangsal potong, (4) Tokoh berkenalan dengan Lita dan terlibat hubungan lawan jenis dengan Lita, (5) Tokoh kehilangan orang yang menarik hatinya dan akhirnya merumuskan pandangan tentang harga perkenalan dengan manusia hidup (Lita), (6) Tokoh mengikuti jejak Lita menekuni Ilmu Urai sebagai bekal Ahli Bedah.

Lihat seluruh daftar di katalog / daftar skripsi, tesis, jurnal, TA (tugas akhir), makalah.

(Tersedia file lengkap dari skripsi, tesis, jurnal tentang pendidikan bahasa dan sastra indonesia. Skripsi, tesis, jurnal lengkap dari BAB 1- BAB V. Untuk mendapatkan file tesis (soft copy tesis), SMS: 085865245388)
Tersedia DVD KOMPILASI skripsi, tesis, dan tugas akhir (TA) berisi lebih dari 1800 file campuran skripsi-tesis berbagai bidang, lengkap. Sangat murah, sangat terjangkau, hanya Rp. 50.000,-. Hub: 085865245388

0 komentar:

Poskan Komentar

Untuk keperluan anda, sms: 085865245338